bicara bengkulu | bicara lebih banyak tentang Bengkulu

HOT NEWS

Adat Istiadat

Bimbang Gedang

Bimbang merupakan salah satu rangkaian upacara dalam proses perkawinan pada masyarakat melayu Bengkulu. Bimbang juga digolongkan menjadi dua, yaitu bimbang gedang (pesta adat perkawinan yang biasanya dilakukan oleh lapisan masyarakat atas atau golongan elite pribumi), dan bimbang kecil, yaitu pesta adat perkawinan rakyat kebanyakan. 

>> Baca Selengkapnya


 
Upacara Perkawinan Adat Suku Lembak
Upacara perkawinan suku Lembak secara umum pada dasarnya sama, dengan tingkatan urut-urutan sebagai berikut: (1) Upacara sebelum perkawinan, kegiatan yang dilakukan mulai dari menindai (melihat kecocokan), betanye (bertanya), Ngatat Tande atau memadu rasan (berasan), dan Bertunangan (Makan Ketan), (2) Upacara Perkawinan (Kerje/Bapelan), merupakan urutan kegiatan mulai memilih macam bimbang, Arai Pekat (Kenduri Sekulak), Menikah, Malam Napa, Arai Becerita (Walimahan), dan sampai akhirnya menyalang (nyalang).
>>Baca Selengkapnya





Kesenian Ikan-Ikan

Permainan Ikan-ikan ini merupakan salah satu kesenian tradisonal khas Bengkulu. Bentuk ikan dari permainan rakyat ini dibuat dari kertas, rotan, bambu dan kertas warna-warni yang dibentuk menyerupai ikan, dimana dalam penampilannya dilengkapi dengan iringan musik, penari dan penyanyi. Ikan-ikan yang digendong tersebut menari sesuai irama dan lagu yang dimainkan.

>>Baca Selengkapnya




Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More