bicara bengkulu | bicara lebih banyak tentang Bengkulu

HOT NEWS

Asal Usul Nama Bengkulu

Di Sungai Bengkulu inilah asal kata Bengkulu muncul


Ada banyak versi asal muasal nama Bengkulu. Tapi inilah warisan sahih yang telah diceritakan secara turun temurun dari Kerajaan Sungai Serut sampai dengan generasi yang ke-17 saat ini.

Nama Bengkulu berasal dari kisah peperangan antara kerajaan Aceh dan kerajaan Sungai Serut pada abad XV. Perang terjadi karena lamaran yang diajukan putra dari kerajaan Aceh terhadap Putri Gading Cempaka (anak bungsu Ratu Agung, raja Kerajaan Sungai Serut) ditolak. Bukan peperangan antar kerajaan di Bengkulu yang banyak beredar di internet.

Menurut tambo Bengkulu, putra Sultan Aceh yang juga saudagar dagang- melihat Putri Gading Cempaka yang cantik itu, dan peristiwa ini disampaikan kepada ayahnya Sultan Iskandar Muda. Demi memperkuat pengaruhnya, beliau menyetujui putranya meminang putri, Maka berangkatlah pangeran dari Aceh tersebut disertai oleh satu pasukan, namun lamaran tersebut ditolak oleh Anak Dalam. Anak Dalam adalah salah satu saudara Putri Gading Cempaka yang menjadi penerus tahta Raja Sungai Serut.

Sebagai akibat penolakan itu, putra Sultan Aceh memerintahkan penglima pasukan laut memerangi Anak Dalam. Sekalipun perang ini tidak seimbang, rakyat tetap mempertahankan dengan sungguh-sungguh daerahnya sehingga banyak memakan korban yang bergelimpangan di Sungai Serut dan hanyut ke hulu sungai. 

Pada saat pasukan Aceh datang itulah, Anak Dalam berteriak "Empang ka hulu .. Empang ka hulu" yang artinya kurang lebih  : " Hadang mereka .. hadang mereka.. ," teriaknya "jangan sampai mereka menginjakkan kaki di tanah kita." 

Dari kata itulah akhirnya menjadi Bangkahulu. Lama kelamaan disebut orang menjadi Bengkulu. Dan karena perkataan itu nama Anak Dalam pun dikenal menjadi Anak Dalam Muara Bangkahulu. 

Muara menjadi pertemuan Sungai Bengkulu dengan Samudera Hindia yang ada di kelurahan Pasar Bengkulu - Kota Bengkulu, maka kawasan sekitar Sungai Bengkulu diabadikan nama nya menjadi kecamatan Muara Bangkahulu, dan kecamatan Sungai Serut di sisi lainnya.

Akibat perang itu, Sungai Serut porak poranda dan keluarga raja mengungsi ke kaki Gunung Bungkuk, yang nantinya bakal menimbulkan kerajaan baru "Sungai Lemau" dimana Putri Gading Cempaka menikah dengan Maharaja Sakti dari kerajaan Pagaruyung.

Kisah inilah diwariskan kepada keturunan asli Bengkulu. Nama Bengkulu tidak ada hubungannya dari kata Bang Kulon, yang berasal dari Jawa katanya. Karena pengaruh Jawa di Bengkulu mulai masuk pada abad XVIII. Dan juga tidak ada hubungan dengan nama bukit yang ada di Skotlandia.
Memahami sejarah mesti dipupuk dari dini dan perlu penelusuran yang mendalam. Apalagi yang mempublikasikan referensi di situs-situs ensiklopedia bukan asli putra daerah sini.

***



11 komentar:

AOSclothing mengatakan...

Sip bos, lanjukan... Perdalam lagi bukti2 sejarahnya biar saya lebih tau sejarah yang sesungguhnya.. saya tunggu kelanjutannya.. saya suka sejarah. hehe. matur suwun.
Mampir kesini juga ya..
http://hayamada.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

L.S.; I am researcher kerajaan2 Indonesia and I search for contact with keturunan raja2 se Sungai Lemau,Sungai Itam dan Selabar.Thank you. Salam hormat: DP Tick kupang1960@gmail.com or facebook Donald Tick

Bayu Pradikto mengatakan...

Sip.. Lanjutkan tulisannya tentang Bengkulu. Saya jadi makin bangga menjadi warga Bengkulu. Semangat.... Melalui tulisan kita bisa berbagi sejarah ke generasi-gerasi selanjutnya.
Sesekali silahkan main-main ke blog saya : bp-bayupradikto.blogspot.com

Unknown mengatakan...

ceritanya hampir sama seperti yg pernah saya baca tetapi bedanya penyebutan bengkulu itu dimulai sejak adanya mayat" yg berserakkan di hulu sungai serut atau bisa disebut banyak bangkai di hulu nah itu yg akhirnya dinamai bangkaihulu - bangkahulu dan akhirnya menjadi bengkulu... silakan ditanggapi.. Terimakasih.

Unknown mengatakan...

ceritanya hampir sama seperti yg pernah saya baca tetapi bedanya penyebutan bengkulu itu dimulai sejak adanya mayat" yg berserakkan di hulu sungai serut atau bisa disebut banyak bangkai di hulu nah itu yg akhirnya dinamai bangkaihulu - bangkahulu dan akhirnya menjadi bengkulu... silakan ditanggapi.. Terimakasih.

IBU TUTI TKI SINGAPUR mengatakan...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Elvi Ansori mengatakan...

Masalah asal muasal nama Bengkulu itu banyak macam versi, dan sumbernya. Belum ada sejarahwan yang berani mematenkan atau memastikan asal muasalnya karena memang belum ada data dan bukti yang Valid, misal naskah melayu atau naskah kuno, surat2 ataupun tulisan dari perjanjian dagang ataupun lainnya.dan satu pertanyaan... Siapakah warga asli bengkulu, atau orang yang disebut orang bengkulu asli...? karena di sekitar kota Bengkulu, dulu adalah suku Rejang, Lembak ( dari sumatera selatan, Muara lakitan, taba pingin dll) dan Serawai.... baru kemudian datanglah orang dr pagaruyung dan orang melayu riau, india, cina dan bugis dll

silahkan mampir ke https://pujanggadansastrabengkulu.blogspot.co.id/

Unknown mengatakan...

SAYA BANGGA JADI ORANG BENGKUL

Harimans mengatakan...

Apakah ada kaitan/hubungannya antara Bangkahulu dg Bangka Belitung? Karena juga sama-sama bernama Bangka?

Unknown mengatakan...

Tks info dan penjelasan nya... Biar bisa jd rujukan atau perbandingan. Semoga kita dpt nengetahui sejarah dan buat share ke anak cucu.

Kvshodo mengatakan...

Alangkah indahnya kalau ada cerita asal usul orang bengkulu, teruslah menulis....

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More